Artikel Kopas Aja Buat Demo

Saturday, December 26, 2015
Berlangganan

Bahan Rumahan Terampuh Untuk Usir Batuk Kering


Musim penghujaan seperti saat ini, banyak penyakit yang dapat menyerang kekebalan tubuh kita. Salah satunya batuk yang bisa begitu menjengkelkan, baik itu batuk kering atau yang basah.

Batuk kering adalah jenis batuk yang tidak menghasilkan sputum atau dahak. Hal ini dapat disebabkan oleh alergi dan lingkungan berdebu. Batuk kering membuat kita merasa seolah-olah ada sesuatu yang terjebak di tenggorokan tetapi tidak bisa dikeluarkan hingga batuk terus-menerus.

Berikut adalah beberapa pengobatan rumah yang ampuh menyingkirkan batuk kering yang menjengkelkan.

1. Air garam 
Salah satu solusi yang paling umum adalah berkumur dengan air garam hangat. Air garam bisa membantu meringankan ketidaknyamanan saat batuk. Hal ini juga akan membantu mengobati sakit tenggorokan.

2. Madu
Madu ialah obat alternatif yang sangat baik untuk mengobati batuk dan dapat digunakan oleh orang dewasa maupun anak-anak. Namun, anak-anak di bawah usia dua tahun tidak harus diberikan karena berisiko.

Madu memiliki sifat analgesik yang dapat menghilangkan lendir dan menenangkan tenggorokan Anda. Madu juga memiliki anti-oksidan dan anti-mikroba yang efektif untuk menghilangkan sakit tenggorokan. Anda dapat mencampur madu ke dalam susu hangat atau air putih.

3. Jahe
Bahan rumah ini salah satu obat alami terbaik untuk mengusir batuk. Jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu menenangkan iritasi yang disebabkan oleh sakit tenggorokan.

Potong jahe segar menjadi potongan-potongan kecil serta hancurkan. Tambahkan secangkir air dan didihkan. Minum saat hangat setidaknya tiga kali sehari untuk membantu menghentikan batuk dan sakit tenggorokan.

4. Kunyit
Kunyit memiliki efek terapi untuk batuk. Karena kunyit memiliki kurkumin yang tinggi dan cukup efektif dalam mengobati infeksi virus seperti batuk dan pilek. Kunyit memiliki efek anti-inflamasi dan merupakan anti-oksidan yang sangat kuat.

Tambahkan satu sendok teh bubuk kunyit halus dan lada hitam. Rebus sekitar dua sampai tiga menit. Anda dapat menambahkan sedikit madu. Minum tiga kali sehari agar batuk cepat hilang.

5. Bawang putih
Bawang putih adalah obat herbal terbaik untuk batuk. Allicin, senyawa aktif dalam bawang putih, memiliki anti-mikroba, anti-bakteri, dan anti-virus. Allicin adalah zat yang membuat bau menyengat dari bawang putih serta memiliki sejumlah manfaat kesehatan.

Masukkan dua hingga tiga siung bawang putih dalam segelas air dan didihkan. Tambahkan satu sendok teh oregano ke dalam campuran. Tambahkan madu dan minum saat hangat. (Anisha Saktian.P)