Artikel Kopas Aja Buat Demo

Saturday, December 26, 2015
Berlangganan

Pertolongan pertama saat ban mobil kempes


Sebagai salah satu elemen pelaju dan penopang berat beban kendaraan, ban memang cukup vital secara fungsi. Oleh karenanya, kami menyarankan untuk selalu memperhatikan kondisi ban dengan memahami kode angka yang tertera pada dinding ban.

Kami juga menyarankan Anda untuk cermat memilih jenis ban untuk mobil Anda, agar sesuai dengan kebutuhan serta karakter medan yang sering Anda lalui.

Lantas bagaimana jika ban mobil Anda kempes di jalan? Yang pertama tentunya Anda jangan panik atas musibah tersebut. Tetap tenang dan parkir mobil Anda pada tempat yang tak mengganggu lalu lintas pengendara lain.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari bengkel tambal ban terdekat untuk meminta penggantian ban dengan montir bengkel. Demikian dberita menyarankan.
Namun apabila kondisi musibah jauh dari bengkel, maka satu-satunya cara adalah Anda mengganti ban sendiri atau dengan bantuan orang lain. Yang pasti, apabila masih awam, pastikan Anda dibantu orang lain untuk penanganan ini. Karena mengganti ban mobil juga membutuhkan ketelitian dan sedikit keahlian.

Ada 9 hal yang harus diperhatikan ketika Anda ingin mengganti ban mobil, Asuransi Astra memaparkannya sebagai berikut:

1. Pastikan rem tangan telah terpasang terlebih dahulu, dan pastikan tongkat transmisi berada di posisi P untuk mobil bertransmisi otomatis, atau di posisi N untuk mobil bertransmisi manual. Ganjal ban mobil secara diagonal agar tidak bergerak saat didongkrak.

2. Siapkan perkakas untuk membantu proses penggantian ban, seperti kunci roda, dongkrak, dan alat untuk menurunkan ban cadangan. Kami sarankan, walau jarang digunakan, pastikan selalu bawa selalu alat-alat tersebut di dalam mobil.

3. Secara perlahan, turunkan ban cadangan dari dudukannya dan langsung letakkan di bawah bodi mobil, dekat posisi ban yang akan diganti.

4. Gunakan kunci ban untuk membuka baut pada pelek. Dengan memutar arah berlawanan jarum jam secara menyilang, kendorkan baut/mur roda yang akan diganti. Lakukan pengendoran ini secara hati-hati.

5. Usai mengendorkan baut pelek, lakukan pendongkrakan mobil secara hati-hati dan sesuai posisinya agar tidak merusak sasis mobil atau komponen lainnya. Anda dapat mengetahui titik dongkrak kendaraan dengan membaca buku pedoman pemilik kendaraan.

6. Secara bergantian, lepas baut/mur pada ban yang akan diganti. Setelah itu, lepaskan ban dari as roda, letakkan di tempat yang aman dan terjangkau.

7. Pasang ban cadangan disertai dengan pemasangan baut/mur roda. Kencangkan baut/mur roda secara menyilang dan merata dengan arah sesuai jarum jam.

8. Setelah memastikan semua baut/mur pelek terkunci kencang, secara perlahan turunkan dongkrak. Untuk mengencangkan baut pelek, pastikan tingkat kekencangannya tidak berlebihan karena baut roda bisa patah.

9. Usai mengganti ban kempes dengan ban cadangan, tempatkan ban yang sudah diganti di tempat ban cadangan. Segerakan ban yang kempes atau bocor langsung ditambal agar ban cadangan siap kembali pakai ketika dibutuhkan.

Kami tidak berharap Anda mendapatkan musibah ini, namun apabila terjadi, setidaknya menjadi pengendara yang mandiri dapat menjadi nilai plus bagi Anda.
Semoga informasi ini bermanfaat.